Senin, 07 November 2011

Yang Hilang ...


“Jimmiii!!!”
“Nensiii!!!”
“Jimmiii!!!”
“Nensiii!!!”
         Kami berdua saling panggil nama sambil teriak-teriakan kayak Tarzan nyasar seakan-akan gak percaya sama orang yang ada dihadapan kita. Gak peduli ada beberapa pembeli Distro yang ngeliat ilfill kearah kita, gue gak peduli! Apalagi Jimmi! Gue sama Jimmi udah gak ketemu hampir empat tahun, jadi maklum kalo ketika ketemu kita jadinya teriak-teriakan kayak kulit muka udah setebel badak! Jimmi itu temen terbaik gue dari SD, seumuran kayak gue, lebih tua dia dikit lah. Anak laki-laki dari Dr. Fahri Minoto dan Ika Minoto MT (kebayang dah, gimana ribetnya punya ortu super perfect! Bisa gila!). Dia orangnya asik, heboh, gila, konyol, aneh, lucu, nyenengin, oke lah pokoknya! Gag jauh beda deh, sama gue. Cuman dia lebih over dosis. Tapi itu yang gue suka dari Jimmi. Dia bisa jadi sodara yang siap ngejagain gue, dia bisa jadi temen yang bisa diajakin gila-gila’an bareng, bahkan dia juga bisa dijadiin pacar kalo gue lagi pengen curhat-curhat. Pas lulus SMA, ayahnya ingin dia ngelanjutin kuliah di Australia. Denger kayak gitu, yang namanya Jimmi benci banget makan bangku sekolah, langsung dah kabur dari rumah. Bahkan gak sempet pamit ato bilang dulu kek, ke gue. Seluruh keluarga besar Minoto, bahkan temen-temennya dikerahkan untuk cari dia. Semua sibuk nempelin lembaran foto plus identitas dikoran, berita orang hilang radio dan televisi, jalan raya, yang mereka katakan kalau Jimmi hilang. Padahal mereka bener-bener sadar kalau Jimmi bukannya hilang, tapi sengaja menghilang. Semua sibuk cari sana-sini selama berbulan-bulan. Kecuali gue. Gue tahu betul itu adalah keputusannya, dan dia pasti tahu setiap konsekuensi dari keputusan yang dia ambil, mungkin menurutnya itu yang tebaik buat dia, dan mungkin dia bisa nemukan kebahagiaan yang sebenarnya diluar sana. Ternyata gak jauh-jauh banget, ortu gue juga ngelakuin hal yang sama, suruh gue kuliah di Singapore . Males gila! Mending ngikut minggat kayak Jimmi aja, dah! Yaudah deh, langsung cabut keJogja, nge-kos (yang murah meriah) trus kerja-kerja ringan deh. Hehehee! Kebetulan juga ada temen di Jogja yang punya Distro, bantu jagain, boleh juga, penting bisa buat makan. Sambil menyelam, minum air, sambil minggat, nyariin si Jimmy (Gak nyambung, disambungin aja, lah!). tapi hasilnya nihil! Eh, ternyata tiba-tiba aja dia nongol sendiri kayak jerawat! Penampilannya lebih berantakan dari terakhir gue ngeliat. Rambutnya gondrong sepundak lebihan dikit. Eh, telinganya dua-duanya dipiercing! Oke juga! Tattoo,nya juga keren! Kaos putihnya keliat banget kagak disetrika, untung aja ditutupin pake jaket item. Trus celana jeans belel warna biru tuanya! Bussseeettt! Kayak kagak dicuci setahun atau dia emang abis jungkir balik diaspal! Celana jeans gue juga belel, tapi yah gag butut-butut amat kayak gitu, deh! Trus tas.nya? itu kalo gak salah tas dia pas SMA! Tas SMA gue mah udah masuk Museum Gembel Nasional. Tapi boot kulit cokelat tuanya keren! Bikin ngiler! Tapi boot merah gue gak kalah keren, kok! Hahahaa!
“Woi! Tambah cakep aja lo, neng! Gilaaaakkk!” katanya sambil cengar-cengir nyebelin.
Oke! Gue tahu itu cuman ngeledek! Karena gue inget banget dia gak pernah puji-puji gue. Pernah sih sekali doank, pas gue patah hati gara-gara si Akbar.
“Elo sangar, bauk, jelek, dekil, bego, bernafas pula!” balas gue.
“Hahahaaha!”
Busset, dah! Ketawanya serem amat kayak mau makan orang!
“Lo kerja sini?”
“Ho’oh, buat makan,”
“Oooo…”
“Kenapa?”
“Gak apa-apa,” matanya jalan-jalan kesana-sini sampe akhirnya nyasar ke bagian dada gue yang kebetulan gue pake kaos yang potongan dadanya agak rendah. Sialan! Tapi buru-buru matanya pergi. Hehehee! Ternyata masih tahu sopan santun tuh matanya.
“Oh iya, gimana kabar orang rumah?” tanyanya agak basa-basi kayak nasi yang dibiarin dipanci seminggu.
“Tauk. Gue juga keluar rumah kok,”
“Lah kenapa?”
“Sama, lah. Lo mau kemana nih?”
Jimmi mengangkat bahu.
“Gimana kalo lo tinggal dikosan gue aja?”
“Boleh tuh!”
“Oke, lo tunggu gue pulang dulu. Ntar lagi, kok. Jam 4,”
“Sip! Gue tunggu dimobil”
“Lo ada mobil?”
“Iya yang gue SMS dulu, kan gue bawa pergi dari rumah ntuh!”
“Masih ada noh? Kirain dah lo jual?”
“Kagak, donk! Nyawa gue itu mah. Hehehee!”

*

“Kosan lo asik juga, Nen!” kata dia pas pertama kali masuk.
“Ngeledek nih?”
“Beneran…”
“Asiknya?”
“Yah yang diatas cuman ada kamar lo doank,” Jimmi celingukan liat-liat depan lewat jendela kamar trus duduk lagi didepan gue yang lagi buka nasi bungkusan yang tadi beli diMalioboro. Trus makan sampai habis gak ada sisa. Untung gak sekalian sendok dan kertasnya juga dia makan.
“Mau rokok?” Jimmi mengambil rokok diselempitan dompetnya. Udah agak-agak kusut, kayak mukanya!
“Gak, gue udah ada sendiri, kok,” kata gue sambil cengar-cengir liatin dia yang berantakannya kelewat gila! (Eh, tapi tetep cute kayak dulu, kok. Hehehee!)
“Kenapa lo cengar-cengir?”
“Hehehee! Kagak!” makin pengen ketawa gue liat dia salah tingkah.
“Oyah, ngapain lo tadi masuk Distro?”
“Numpang ngadem,” jawabnya enteng.
“Sialan!”
“Panas banget sih diluar. Sampe kering kayak tempe gue!”
“Nah kan lo ada mobil?”
“AC mati, gak kuat ongkos kalo pake AC,”
“Lo juga cari duit?”
“Iya, lah. Masa cari jemuran orang,”
“Hahahaa, emang lo kerja apa’an?”
“Kerja apa aja… ngerjain lo juga boleh! Hehehee!”
“Oh iya. Gue sempet cari lo, lagi. Kemana aja sih?”
Jimmi menyulut rokok tanpa filternya.
“Keliling Indonesia, neng,”
“Sendirian?”
“Awalnya. Tapi ntar namanya temen kan pasti dapet,” katanya sambil nyengir kuda, tauk dah maksudnya apa’an.
“Trus tidurnya?”
“Dimana ajalah, cowok… Wuidih! Lo pergi dari rumah bawa Tape CD Player juga!”
“Banyak! Laptop, ipad, hape, de-el-el,”
“Busset! Lo minggat kayak rampok!”
Lalu dia bangkit, mentelengin kaset-kaset CD dan Tape gue.
“Kalo ga salah ini kaset The Doors punya gue yang belom lo balikin, kan?” Jimmi mengangkat satu kaset tape The Doors miliknya dulu.
“Hehehee! Lo inget aja sih?”
“Hehehee! Gak apa-apa. Lo simpen aja. Eh, ada GnR juga, lama banget gue kagak dengerin. Setel, yah?” katanya sambil langsung nyetel kasetnya padahal gue belom ngomong ‘Iya’.
“Oke! Gue ada vodka tuh lemari,”
Jimmi langsung asoy-geboy aja ngambil padahal letaknya ada disamping tumpukan pakaian dalem gue.
“Gue juga punya ini. Hehehee!” dia membuka satu tepak penuh isi ganja.
“Anjrit! Lo kemana-mana bawa beginian kagag takut?”
“Alah, abis gini juga dilegalin, kan?!”
“Tapi kan blom, nyet!”
“Hahahaa!”
Aku mengambil satu linting.
“Lo udah punya cowok, Nen?” tanya JImmi. Suaranya datar, sedikit ditahan. Kayak gimana gitu, sulit dideskripsikan dengan kata-kata gue. Bikin gue ikutan canggung.
Nyalain ganja dulu, ah, baru jawab. “Blom. Kenapa?”
Dia menenggak kira-kira seratus mili vodka yang baru saja dia tuang kedalam gelas. Lalu menuangkan dengan ukuran yang sama lagi, dan menyodorkan kearah gue. Gue tenggak langsung.
“Gak apa-apa. Kenapa kok belom?”
“Males aja. Nungguin elo kali?” kata gue asal. Becanda banget, suwer kagak ada maksud apa-apa. Tapi bikin muka dia merah kayak palang stopan dijalan.
Trus dia ketawa ngakak, gue jadi ikutan ngakak.
Tapi gak tahu kenapa, detik ini, gue ngerasa nyaman banget. Seakan-akan gue abis nemuin separuh dari diri gue yang ilang, dan sekarang dia datang lagi.
Sambil dengerin lagu-lagunya Guns n Roses, nikmatin Vodka, ngisep ganja pelan-pelan, trus dengerin Jimmi yang lagi ngomel cerita-cerita pengalamannya yang gak jelas masuknya keotak gue, menurut gue itu udah surga gue! Rasanya seperti mimpi, gue bisa ketemu dia lagi. Gue perhatiin wajah dekil tapi manis miliknya. Gue kangen dia banget!

*

         Udah sebulan Jimmi tinggal di kosan gue. Dia masih seperti dulu. Gila tapi baik. Dan sumpah gue bingung sama yang namanya satu ini, ‘HATI’ . tauk dah rasanya gimanaaaa, gitu. Ya, tuhan, masa sih gue naksir dia. Gilak ajah!
Gue ngelirik jam tangan gue yang kembaran sama Jimmy dari SMA sampe sekarang. Jam setengah sebelas. Gue naik tangga kos-kosan dengan malas. Gue buka pintu. Dan gue nemuin Jimmy duduk ditempat tidur. Diem, kayak murid masuk ruang BK. Tumben-tumbenan dia udah pulang.
“Ngapain lo, boy?” tanya gue rada cengengesan.
“Lo gak liat gue duduk?”
“Maksud gue, tumben lo duduk anteng banget kayak lampu lalu lintas?”
Gue taroh tas gue trus duduk disampingnya, jadi rada-rada kuatir dah, ada apa’an sih, nih anak?
Dia sekarang ganti ngeliatin gue. horror banget nih cowok!
“Kenapa lo?” gue sekarang jadi serius gara-gara liat muka dia serius.
“Nen, ikut gue, yuk,”
“Kemana?”
“Kemana aja gue pergi,”
“Maksud lo?”
Dia gak jawab. Diem. Lagi mikir kali, yah. Trus tiba-tiba dia pegang tangan gue. Bussset, dah! Jantung gue lompat-lompat kayak pocong jadinya! Dia ngeliat mata gue dan gue liat balik mata dia sampe gue susah napas. Gue coba cari urat becandaan diwajahnya, tapi gak ketemu, dia bener-bener serius kali ini! Ya, Tuhan!
Sambil malu-malu dia nyodorin kegue selembar kertas. Weiiitttsss!!! Kertas punya binder gue, nih! Main sobek aja dia!
Tanpa tanya gue baca isinya,
Nen, pas gue ninggalin rumah, gue ngerasa kayak ada yang ilang, kayak ninggalin sesuatu, ganjel banget rasanya. Tiap hari gue kepikiran itu, tanpa tau jawabannya. Tapi pas ketemu elo, rasanya plong, lama-lama gue nyadar kalo ternyata perasaan ganjel itu ada di elo. Gue cinta sama elo, Nen. Awalnya gue ragu, tapi akhirnya gue sadar kalo itu beneran.
Sorry, gue pake cara aneh+udik, abisnya gue grogi.
 I love U, Nen……………………nek sihir! Hahahaahahahaha!
Hampir aja gue ketawa gara-gara kata-kata terakhirnya. Tapi gue tahan. Timingnya gak pas. Ini lagi episode serius soalnya.
“Nen, ikut gue, yah?” kakinya ditekuk keatas hingga dagunya hampir bisa ditempelkan kelututnya.
“Gue emang gak bisa janjiin elo kalo masa depan gue bakalan cerah, Nen. Tapi gue bisa pastiin, kalo kita bisa bahagia. Gue yakin,” kata Jimmy lalu meletakkan tangan gue dan kedua tangannya ke lututnya dan menempelkan pipinya ke tangan gue.
Jujur gue gak bisa jawab. Sumpah speechless. Gue kaget, gak percaya, canggung, seneng gak karuan, pokoknya dibikin megap-megap deh.
“Nen?” kata dia lagi.
Gue senyum, trus ngangguk. Dan akhirnya dia juga senyum. Lega kelihatannya. Lantas dia peluk gue.

*

5 komentar:

  1. Cinta ala Rock N Roll
    Keren ceritanya mbak,, btw..... nih hanya cerpen aj, kisah nyata ato kisah cerpen yg mendekati kenyataan? hehe

    BalasHapus
  2. hahaaha . apa, yah ???
    hampir mendekati knyataan (rahasia loh!) .
    hahahaha :D

    BalasHapus
  3. hahaha
    sudah kuduga :D

    BalasHapus
  4. haahaha ! tapi gak seluruhnya kok, bang :)

    BalasHapus
  5. lanjutin sampek nikah dong mbak , nantik jgn lupa undang undang aku tapi wkwk :D

    BalasHapus