Sabtu, 08 Oktober 2011

John Lennon " THE BEATLES "







Nama asli John Winston Lennon lahir di masa perang Inggris, pada tanggal 09 oktober 1940 di Rumah Sakit bersalin Liverpool Maternity Hospital . 




Sepanjang masa kecil dan remaja, dia tinggal bersama bibi dan pamannya, Mimi dan George Smith, yang tidak memiliki anak sendiri . Jalan Mendips, 251 Menlove Avenue, Woolton .





Pada bulan September 1980 ia berbicara tentang keluarga dan sifat yang memberontak :
"Sebagian diriku ingin diterima oleh semua aspek masyarakat dan musisi loudmouthed ini tidak gila . Tapi aku tidak bisa menjadi sesuatu yang bukan aku . Karena sikapku, semua orang tua anak2 lain mengakui saya keonaran, dan aku mempengaruhi anak2 mereka, mengganggu setiap rumah aku melakukan yang terbaik untuk saya . Sebagian mungkin mengira, itu karena dengki, aku tidak memiliki rumah seperti itu, tapi aku benar . Ada lima perempuan keluarga ku . Lima perempuan yang kuat dan cerdas . Lima bersaudara . Para wanita fantastis . Yang pertama pendidik wanita ku, yg kebetulan adalah ibuku . Dia tidak hanya bisa menghadapi hidup . Dia punya suami yang melarikan diri kelaut dan perang itu dan dia tidak bisa mengatasi masalah dengan ku saat aku berusia empat tahun dan akhirnya aku tinggal dengan kakaknya . Kenyataan bahwa aku jauh dengan orang tua ku membuat aku melihat bahwa orang tua bukanlah dewa."



Mendirikan The Beatles bersama Paul McCarthy, George Harrison dan Ringo Starr. Album dan lagu-lagu ciptaannya masih diburu jutaan penggemarnya hingga kini. John bukan hanya legenda Inggris, bahkan menjadi legenda dunia. Lennon dengan sinismenya dan mcCartney dengan optimismenya melengkapi satu sama lain dengan sempurna. John Lennon lahir di Liverpool, Inggris, 9 Oktober 1940. Ia wafat di New York City, Amerika Serikat, 8 Desember 1980 pada umur 40 tahun. 




John Lennon mengawali karir bersama The Beatles pada 1960. Bersama grup ini beberapa album yang dirilis di antaranya, Please Please Me (1963), With the Beatles (1963), A Hard Day's Night (1964), Beatles for Sale (1964), Help! (1965), Rubber Soul (1965), Revolver (1966), Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (1967), The Beatles (1968), Yellow Submarine (1969), Abbey Road (1969) dan Let It Be (1970). 






Selama 1970 sampai 1975, John menjalani karir solo, dengan album-album yang dirilis di antaranya, John Lennon/ Plastic Ono Band (1970), Imagine (1971), Some Time in New York City (with Yoko Ono 1972), Mind Games (1973), Walls and Bridges (1974), Rock 'n' Roll (1975), Double Fantasy (with Yoko Ono 1980), Milk and Honey (with Yoko Ono 1984), dan lain-lain. Setelah bubarnya The Beatles pada tahun 1970, ia juga sukses dengan karir solonya. Salah satu hitsnya yang hingga kini masih sangat terkenal adalah Imagine, lagu yang kemudian menjadi salh satu himne perdamaian dunia. Lennon juga menunjukkan sifatnya yang pemberontak dan selera humornya yang sinis dalam film-film seperti A Hard Day's Night (1964), dalam buku yang ditulisnya seperti In His Own Write, konferensi pers dan wawancara. Ia menggunakan kepopulerannya untuk kegiatannya sebagai aktivis perdamaian, seniman dan penulis. 





Lennon Dan Cynthia Powell bertemu tahun 1957 sebagai sesama siswa di Liverpool College of Art . Meskipun takut dengan sikap Lennon dan penampilannya, tapi ketika Cynthia mendengar bahwa Lennon terobsesi dengan aktris Perancis Brigitte Bardot, jadi Cynthia mengecat rambutnya pirang . Lennon mengajaknya keluar tapi Cynthia mengatakan bahwa ia sudah bertunangan, dan Lennon menjawab, "I didn't ask you to fucking marry me, did I?" .
Cynthia sering menemaninya ke pertunjukan Quarrymen dan pada waktu itu melakukan perjalanan ke Hamburg dengan pacara McCartney untuk mengunjunginya. Lenon, mempunyai sifat pencemburu yang alami, akhirnya membuat Cynthia sering ketakutan dengan kemarahan dan kekerasan fisiknya .
Lennon kemudian mengatakan bahwa sampai ia bertemu Ono, ia tidak pernah mempertanyakan sikap sovinistis untuk perempuan. Lagu Beatles " Getting Better ", katanya, menceritakan kisah sendiri," Dulu saya harus kejam kepada perempuan saya, dan fisik-setiap wanita. saya pemukul, aku tidak bisa mengekspresikan diriku sendiri dan. aku memukul. Saya berjuang laki-laki dan aku memukul perempuan Itulah mengapa saya selalu tentang perdamaian " .
Mengingat reaksi pada Juli 1962 pada belajar bahwa Cynthia hamil, Lennon berkata, "Hanya ada satu hal untuk itu Cyn, Kita harus menikah..".
Pernikahannya dimulai hanya sebagai Beatlemania memegang di Inggris. Ia dilakukan pada malam hari pernikahannya, dan akan terus melakukannya hampir setiap hari dari saat itu.  Epstein, takut bahwa penggemar akan terasing oleh gagasan The Beatles menikah, meminta Lennon untuk merahasiakan pernikahan mereka. Julian lahir pada tanggal 8 April 1963; Lennon tur pada waktu itu dan tidak melihat anaknya sampai tiga hari kemudian.
Ketika kelompok bepergian dengan kereta api ke Bangor, Wales, pada tahun 1967, untuk seminar Meditasi Transendental Maharishi yang Yogi , seorang polisi tidak mengenali dan menghentikan dia dari asrama. Dia kemudian ingat bagaimana kejadian itu tampaknya melambangkan akhir dari pernikahan mereka.  Setelah tiba di rumah di Kenwood , dan menemukan Lennon dengan Ono, Cynthia meninggalkan rumah untuk tinggal dengan teman. Alexis Mardas kemudian mengklaim telah tidur dengan dia malam itu , dan beberapa minggu kemudian ia memberitahunya bahwa Lennon adalah mencari perceraian dan hak asuh atas Julian atas dasar perzinahan dengan dia. Setelah negosiasi, Lennon menyerah dan setuju untuk menceraikan nya dia di dasar yang sama. Kasus itu diselesaikan di luar pengadilan, dengan Lennon memberikan 100.000 poundsterling, dan hak asuh Julian.




Dua versi yang ada tentang bagaimana Lennon bertemu Ono. Menurut yang pertama, pada 9 November 1966 Lennon pergi ke Galeri Indica di London, di mana Ono sedang mempersiapkan pameran seni konseptual, dan mereka diperkenalkan oleh pemilik galeri John Dunbar . [158] Lennon tertarik dengan Ono "Hammer Nail A" : pengunjung dipalu paku ke sebuah papan kayu, menciptakan karya seni. Meskipun pameran belum dimulai, Lennon ingin palu paku ke papan yang bersih, namun Ono menghentikannya. Dunbar bertanya, "Apakah kau tidak tahu siapa ini? Dia jutawan! Dia bisa membelinya." Ono telah diduga tidak mendengar The Beatles, tapi mengalah dengan syarat bahwa Lennon membayar lima shilling , yang Lennon menjawab, "Saya akan memberi Anda lima shilling imajiner dan palu kuku imajiner masuk" [13] Versi kedua, diberitahu oleh McCartney, adalah bahwa pada akhir tahun 1965, Ono adalah di London kompilasi skor musik asli untuk buku John Cage telah bekerja pada, Notasi , tetapi McCartney menolak untuk memberinya salah satu naskah sendiri untuk buku itu, menunjukkan bahwa Lennon akan mewajibkan.
Pada bulan Mei 1968, sementara istrinya sedang berlibur di Yunani, Lennon Ono diundang untuk mengunjungi. Mereka menghabiskan rekaman malam apa yang akan menjadi Dua Perawan album, setelah itu, dia mengatakan, mereka "bercinta saat fajar." Ketika istri Lennon kembali ke rumah dia menemukan Ono mengenakan jubah mandi dan minum teh dengan Lennon yang hanya berkata, "Oh, hai."  Ono hamil mengalami keguguran pada tahun 1968 dan anak laki-laki mereka bernama John Ono Lennon II pada 21 November 1968, beberapa minggu setelah bercerai dari Cynthia Lennon diberikan. 







Pada sekitar 10:50 pada tanggal 8 Desember 1980, Lennon dan Ono kembali ke apartemennya di New York mereka di The Dakota , Mark David Chapman menembak Lennon di bagian belakang empat kali di pintu masuk gedung. Lennon dibawa ke ruang darurat terdekat Rumah Sakit Roosevelt dan dinyatakan meninggal setibanya di 11:07. Sebelumnya malam itu, Lennon telah menandatangani salinan Double Fantasy untuk Chapman.
Ono mengeluarkan pernyataan pada hari berikutnya, mengatakan "Tidak ada pemakaman untuk John," mengakhiri dengan kata-kata, "mencintai John dan berdoa bagi umat manusia Tolong berdoa yang sama untuknya.." Tubuhnya dikremasi di Ferncliff Pemakaman di Hartsdale, New York. Ono menyebar abunya di New York Central Park, di mana kemudia diciptakan Peringatan Strawberry Fields peringatan  Chapman mengaku bersalah atas pembunuhan tingkat dua dan dihukum 20 tahun untuk hidup, seperti tahun 2011, ia tetap di penjara, yang telah pembebasan bersyarat ditolak enam kali.





2 komentar:

  1. saya udah pernah baca tentang the beatles tapi belum baca tentang john lennon,, katanya yoko ono itu yg menjaga sifat kekanak-kanakan john n baru tau klo dia dikremasi,. makasih mbak udah share infonya,, keren bngt :)

    BalasHapus
  2. iya kan dulunya Lennon tuh benci perdamaian, tp jadinya dy ikut aktivis perdamaian ...
    sama2, bang :D
    hanks dah visit, yah :)

    BalasHapus